Sabtu, 09 Agustus 2014

Wisata Geologi di Karangsambung, Kebumen, Jawa Tengah

Apakah kalian mengetahui tentang Wisata Geologi yang berada di kota kebumen, jawa tengah ?
iya mungkin kalian pernah mendengar daerah Karangsambung yang katanya hampir 70% jenis batuan berada disana. WOW ^^

Di Kecamatan Karangsambung terdapat Lokasi Cagar Alam Geologi Nasional yang dikelola oleh Balai Informasi Dan Konservasi Kebumian Karangsamung-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Cagar Alam Geologi Nasional-Karangsambung merupakan laboratorium alam untuk mempelajari geologi pada khususnya dan kebumian pada umumnya. Terdapat berbagai batuan yang berumur antara 125 - 65 juta tahun yang lalu. Pada zaman tersebut kawasan Karangsambung merupakan dasarsamudera. Akibat tumbukan antara tiga lempeng bumi, maka kawasan Karangsambung sekarang terangkat ke permukaan.


Kami dari jurusan pendidikan geografi UPI bandung memulai perjalanan sekitar pukul 05.00 WIB dan menggunakan 2 bis dan didampingi oleh dosen pembimbing kami yaitu Bapak Ir.Yakub Malik M.Pd dan Drs.Jupri M.T .



Pada perjalanan kami ke Obyek Wisata Batuan Karangsambung memerlukan waktu sekitar 8jam dan akhirnya kami tiba di kota kebumen, jawa tengah. lalu perjalan kami menuju arah utara kota kebumen, mengikuti papan petunjuk arah kawasan wisata batuan karangsambung. sampai lah kami ke sebuah pertigaan yang terdapat gerbang bertuliskan "Obyek Wisata Cagar Alam Geologi Karangsambung" . saya kira setelah melewati gerbang ini saya akan melihat wisata geologi di karangsambung, ternyata dugaan saya salah dan kami masih harus meneruskan perjalanan sekitar 15km lagi untuk sampai di kecamatan karangsambung.

Perjalanan menelusuri kawasan Karangsambung dilanjutkan melewati sebuah dusun kecil yang berakhir pusat Kecamatan Karangsambung dan disana terdapat Balai Informasi dan Konservasi Kebumian Karangsambung milik LIPI . karena sampai pada LIPI (Balai Informasi dan Konservasi milik LIPI jadi saya sebut LIPI saja) sekitar pukul 19.23 WIB akhirnya pun kami beristirahat pada Penginapan yang disediakan oleh pihak LIPI.
Saat pagi hari sekitar pukul 07.00 kami bersiap dan menyantap hidangan pagi di penginapan, setelah menyantap hidangan kami pun bergegas pergi ke aula yang disediakan LIPI untuk menerima pematerian dari pihak LIPI sebelum memulai penilitian dan aktifitas kami di karang sambung.
Setelah mendapatkan pematerian kami pun bergegas untuk mengunjungi pos-pos yang sudah di tetapkan sebagai rute perjalanan kami dalam melihat dan meniliti batuan-batuan yang berada dikarangsambung. kami dibagi menjadi 4 bagian untuk memudahkan dan mengefisiensikan waktu dan tenaga agar memudahkan dalam mengkomparasi data-data yang kami kumpulkan disana dan saya sendiri berada pada rute ke 2 yaitu Rombongan MiniBus 3 dan MiniBus 4.
sesampailah kami pada POS pertama, yaitu berada pada hilir sungai di kawasan karangsambung. Di Penelitian yang pertama ini kita di ajak untuk meneliti dan melihat batuan-batuan yang berada di tepi maupun hilir sungai . disini kita menemukan banyak sekali jenis- jenis batuan yang di analisis diantaranya batuan Andesit, Serpentinit,  Sekis Mika, Basal, Batu Pasir. setelah menemukan beberapa batuan andesit dan lainnya kami pun berlanjut pada POS kedua, Di pos kedua kami meniliti di tempat bernuansa pedesaan dan pesawahan di sekitar tempat kami meniliti terdapat berbagai macam binatang sperti ular, pepohonan , disana kami menemukan objek kajian geologi sperti batuan lempung, batu pasir, diabas. 
setelah mengunjungi kedua pos tersebut, kami pun melanjutkan perjalanan kami dan kami melihat sebuah batu yang sangat besar dan berwarna merah ke coklat-coklatan. di pos ketiga kami meneliti di dekat sungai juga disana terdapat batuan-batuan sungai dan ada batuan rijang(batu yang sangat maksud) yang sangat besar dengan warna merah ke coklat-coklatan . dan kami pun melakukan pengetesan dengan meneteskan NHCl pada batu tersebut. setelah itu kami melakukan makan siang dengan bekal yang kami bawa dan beristiarahat sejenak sebelum melanjutkan ke POS selanjutnya.
*Suasana saat Penelitian

Video Sekilas di POS ketiga, Batu Rijang .


setelah makan siang kami kembali melanjutkan perjalanan ke POS keempat yang berada dipersimpangan jalan karangsambung, berada dipinggir jalan raya dan dekat warung atau pemukiman warga kami menemukan batu serpentinit sebagai objek kajian yang kita teliti . menurut penjelasan pemateri kami batuan ini terbentuk kurang lebih 60juta tahun yang lalu . di POS kelima kita melihat fenomena-fenomena perbukitan yang terdapat di karang sambung dengan cara melihat lipatan-lipatan .

dan terakhir kami mengunjungi sebuah sungai dekat dengan LIPI dan ternyata itulah POS terakhir yaitu POS keenam. Di pos terakhir ini kita meneliti di hulu atau hilir sungai dekat Kampus LIPI, disitu kita menemukan berbagai macam batuan dari batuan-batuan sungai, sedimen, rijang, mika dan lain lain.
*Suasana saat Penelitian


dan akhirnya kami pun mengunjungi museum dan tempat oleh-oleh khas dari karangsambung.
Bagaimana ? Anda tertarik ? jangan sungkan membawa rombongan anda ke Balai Informasi dan Konservasi Cagar Alam Geologi LIPI di Karangsambung, tentunya anda kesana haruslah membuat janji atau membooking untuk keperluan anda disana dan saya sarankan anda membawa lensa yang bagus untuk merekam sekaligus mengabadi moment saat melihat keanekaragaman batuan dan indahnya wisata batuan yang berada disana.


Budayakan mencantumkan Penulis dan Sumbernya ya.
Jika nama penulis tidak ada paling tidak ya sumbernya harus jelas ^^

Penulis : Herwan Derry Kartin Putra, Jurusan Pendidikan Geografi 2013
Source by : 
Praktikum Geologi Universitas Pendidikan Indonesia, Karang Sambung, Kebumen
Source Pic by : 
http://www.google.com/
Baladewa Photography




0 komentar:

Posting Komentar