Minggu, 10 Agustus 2014

Perjalanan Lereng Gunung paling aktif di Indonesia

Perjalanan ke Lereng Gunung Merapi

tentunya kalian tidak akan asing lagi dengan yang namanya Gunung Merapi kan ?

toh beberapa puluh tahun terakhir ini dia adalah gunung berapi yang paling aktif di indonesia ini.
kali ini saya dan rombongan saya (Jurusan Pendidikan Geografi UPI) melanjutkan perjalanan ke arah Yogyakarta tepatnya ke arah selatan.  sebelumnya kami telah menyantap makanan di rumah Dosen Pembimbing kami yaitu Bapak Jupri dan rehat sejenak sebelum melakukan perjalanan ke Lereng Merapi,karena saya tertidur di BUS jadi saya kurang mengamati jalan yang saya lewati menuju Lereng Merapi hehe.

Kami tiba sekitar pukul 11.00 WIB dan langsung terjun ke tempat yang sebelumnya menjadi arus lewatnya Lahar Dingin yang mengakibatkan banyak fasilitas umum yang rusak akibat terjangan lahar dingin tersebut. dan ternyata kami perhatikan banyak warga sekitar yang memanfaatkan tempat lewatnya arus lahar dingin tadi menjadi sebuah tempat semacam pertambangan guna mencari material-material yang berharga dan mungkin saja terbawa oleh arus lahar dingin tadi, dan berharap menemukan material-material seperti emas, dan material berharga lainnya.

disana kami mendapatkan penjelasan sekilas dari Dosen Pembimbing kami yaitu Bapak Yakub dan Bapak Jupri tentang proses vulkanik, dan magmatik yang terjadi di Lereng Merapi ini.
*Suasana Penjelasan oleh Bapak Yakub


Video sekilas di Lereng Merapi .




karena kami hanya sebentar di Lereng Merapi jadi informasi yang kami dapatkan pun sangat sedikit dan pastinya kurang memadai, mungkin dilain hari saya bisa kesana lebih lama dan dapat menginformasikan informasi menarik yang bisa diberikan pada masyarakat atau para pelajar yang tertarik akan fenomena Geografi salah satunya yaitu Gunung Merapi di Yogyakarta ini dan jika saya masih tidak bisa mengunjungi merapi maka kalian lah sebagai Geograf muda indonesia yang harus kesana dan mengambil sebanyak-banyaknya informasi disana .

Budayakan mencantumkan Penulis dan Sumbernya ya.
Jika nama penulis tidak ada paling tidak ya sumbernya harus jelas ^^

Penulis : Herwan Derry Kartin Putra, Jurusan Pendidikan Geografi 2013
Source by : 
Praktikum Geologi Universitas Pendidikan Indonesia, Lereng Merapi, Yogyakarta
Source Pic by :
Baladewa Photography



0 komentar:

Posting Komentar